Hiburan | Hilangnya Film G 30 S / PKI

semPATA News | Sebuah tayangan yang selalu membuat para penontonnya menjadi lebih semangat melihat perjuangan Jendral dan perwira tinggi TNI dan bisa juga menangis ketika melihat kejadian itu. Film yang sudah tidak ditayangkan lagi di layar kaca saat ini dengan alasan yang tidak jelas. Film tersebut adalah Film G 30 S / PKI yang sempat sangat booming di era orde baru adalah Film yang menceritakan tentang kekejaman PKI dalam pembunuhan sejumlah Jendral dan perwira tinggi TNI. Banyak masyarakat yang juga telah melihat dan men Download Film G 30 S / PKI sebagai koleksi Film sejarah bangsa Indonesia. Namun dibalik itu, Film G 30 S / PKI yang telah beredar, baik dari versi kaset Video, VCD atau versi download gratis, menyisahkan kontroversi yang belum bisa terjawab dengan tuntas hingga sekarang. PKI yang disebut2 paling bertanggung jawab dalam serangkaian pembunuhan dan penculikan Jendral dalam Film tersebut masih harus dipertanyakan lebih lanjut. Hal tersebut terkait dengan tidak adanya naskah teks Supersemar ( Surat perintah sebelas Maret ) yang asli di dokumen negara.

Sudah lama film ini tidak tayang di beberapa TV swasta, bahkan TV Nasional sekalipun. Padahal ini merupakan fil yang sangat mendidik seseorang untuk selalu mengenang perjuangan sejumlah Jendral dan perwira tinggi TNI. Namun setelah melakukan searching secukupnya, ternyata saya juga belum menemukan alasan yang tepat dibalik penghentian penayangan film Penghianatan G30S PKI tersebut. Alasan-alasan yang berserakan tersebut saya kumpukan jadi beberapa alasan berikut ini:

1. Film Penghianatan G30S PKI sudah tidak relevan lagi dengan kondisi zaman sekarang. Banyaknya kritik yang masuk –baik dari politisi, sejarawan maupun budayawan— terkait dengan kepentingan politik Rezim Soeharto di balik Film tersebut.
2. Materi dan isi Film Penghianatan G30S PKI sarat dengan nuansa kekerasan. Pengulangan demi pengulangan kekerasan melalui film ini menyebabkan memori masyartakat tidak tersentuh oleh misteri dibalik tragedi G30SPKI, bahkan sampai sekarang
3. Film Penghianatan G30S PKI tidak cukup untuk membangkitkan nasionalisme dan sikap-sikap kejuangan rakyat, karena justeru dijadikan media dan propaganda untuk melestarikan kekuasaan (saat itu) dengan brand image Soeharto
4. Film Penghianatan G30S PKI, baik langsung maupun tidak langsung, justeru bisa dianggap membuka peluang tumbuh berkembangnya ideologi komunis dan bibit bibit komunisme di Indonesia.
5. Film Penghianatan G30S PKI berhenti ditayangkan seiring dengan pamor TVRI yang memudar dan menurun dengan beralihnya pemirsa TV ke chanel-chanel televisi lain yang secara audio visual lebih enak ditonton, meski hanya sekedar menonton sinetron.

Kadang rindu juga untuk melihat kembali film tersebut. Tapi, biarlah, keputusan untuk menghentikan penayangan Film G30SPKI mungkin sudah tepat. Film yang menggambarkan sejarah pertumpahan darah tersebut telah dan akan menjadi bagian dari sejarah itu sendiri. Anda mungkin punya alasan lain dengan tulisan ini. Silakan komentarnya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.