Nelpon Gratis Lewat Gmail

semPATA News | Google tak mau kalah dalam persaingan dunia komunikasi nampaknya sekarang. Setelah Firefox menduduki urutan kedua, kini giliran merambah ke dunia telekomunikasi dengan memanfaatkan Gmail sebagai pemeran utamanya. Hal ini juga sebagai bukti keseriusan google dalam memperoleh kepuasan pelanggannya. Namun untuk saat ini, baru pengguna di Amerika Serikat saja yang bisa menelepon dari akun Gmail.

Menelepon ke mana saja di Amerika Serikat dan Kanada gratis hingga akhir tahun, sedangkan menelepon Inggris, Prancis, Cina dan Jerman dikutip 2 sen per menit.

Hingga kini Google menawarkan komunikasi suara dan video antarkomputer.

''Ini benar-benar perkembangan besar, sebab kini ratusan juta pengguna Gmail bisa menelepon dari halaman Gmail,'' kata Craig Walker, product manager khusus untuk komunikasi real-time kepada BBC News.

''Mereka tidak perlu men-download aplikasi tambahan atau melakukan apa-apa lagi untuk mulai melakukan kontrak telepon yang benar-benar berkualitas tinggi dengan tarif rendah,'' tambahnya.

Telepon internasional
Link produk ini akan muncul di bagian kiri halaman Gmail di dalam bagian ''chat''. Pilihan ''call phone'' akan muncul bersama dengan bingkai nomor yang memungkinkan anda menekan nomor telepon orang yang anda hendak ajak bicara.

Google mengatakan uang yang diperoleh dari sambungan telepon internasional akan membayar layanan telepon gratis Amerika Serikat dan Kanada.

''Yang mengejutkan saya adalah mereka benar-benar mengatakan mereka berharap mendapatkan pemasukan dari jasa telepon,'' kata Danny Sullivan, pemimpin redaksi blog teknologi SearchEngineLand.

''Biasanya Google bersikap seperti 'Kami tidak tahu cara kami akan bisa memperoleh pemasukan'' atau 'Kami akan menghasilkan uang nanti, jangan khawatir'' dan ini ternyata tampak ada gunanya bahwa mereka benar-benar mendapatkan pemasukan sejak awal.''

Persaingan
Skype, perusahaan jasa telepon internet paling berhasil, mengaku memiliki lebih dari 560 juta pengguna terdaftar. Perusahaan itu mengatakan paling sedikit 124 juta pengguna memanfaatkan jasanya setidaknya satu kali sebulan dan 8,1 jutaan pengguna termasuk pelanggan yang membayar.

Perusahaan tersebut berencana menawarkan sahamnya kepada publik tahun ini.

Muncul pertanyaan apakah Skype perlu merisaukan persaingan dengan munculnya Google.

"Skype perusahaan ternama di bidang ini dan mereka sudah seperti identik dengan jasa telepon internet sebagaimana Google identik dengan pencarian internet. Anda Skype seseorang. Jadi keadaan tidak akan cepat bergeser dan saya tertarik untuk melihat reaksi pengguna Gmail," kata Tom Krazit, penulis senior writer untuk situs internet teknologi CNET.com.

"Tapi anda selalu harus risau ketika Google menyusul anda. Mereka tidak bertindak setengah-setenagh dan mencurahkan banyak sumber daya ke masalah yang mereka coba atasi. Itu tidak selalu berarti tamat riwayat Anda,'' katanya.

"Produk Google tidak akan berfungsi di browser ponsel anda, sehingga Skype memiliki keunggulan di sana, tapi saya rasa orang tidak bisa berlama-lama berasumsi bahwa Google akan muncul dengan versi ponsel dalam waktu dekat," kata Krazit.

Google berencana untuk menarik perhatian non-pengguna Gmail untuk mencoba produk barunya. Perusahaan tersebut berunding dengan sejumlah universitas dan bandara untuk memasang kotak telepon merah di seluruh Amerika untuk memberi pengguna kesempatan mencoba menelepon dengan Gmail.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.