Read More Classic Template

semPATA News | Membuat sebuah read more pada blog adalah suatu hal yang diinginkan oleh banyak blogger newbie (alias pendatang baru). Namun mereka tak tahu bagaimana sebenarnya membuat read More tersebut. Untuk itu saya akan berbagi pada anda tentang cara membuat read more. Untuk membuat menu Read more kita harus menambahkan beberapa kode HTML ke dalam template blog kita. Tapi untuk postingan kali ini, saya khususkan untuk blogger yang memakai template klasik saja, untuk yang memakai template baru silahkan tunggu pada postingan yang akan datang.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Login ke blogger.com dengan id sobat


2. Klik menu bertuliskan Template


3. Klik menu Edit HTML


4. jangan lupa Copy seluruh kode template milik sobat lalu paste pada notepad dan kemudian simpan, untuk membuat back up data. Ini dimaksudkan apabila terjadi kesalahan dalam template setelah kita otak-atik, kita masih punya cadangan data untuk mengembalikannya.


5. Copy kode HTML di bawah, kemudian paste persis di atas kode :

<MainOrArchivePage>

div.fullpost {display:none;}

</MainOrArchivePage>

<ItemPage>

div.fullpost {display:inline;}

</ItemPage>

Untuk mempercepat pencarian kode , silahkan sobat klik menu Edit yang ada pada bar menu browser, kemudian klik Find (on this page)..., lalu tulis trus klik tombol find next, maka secara otomatis akan di bawa ke kode tersebut.

6. langkah selanjutnya adalah, silahkan copy kode berikut lalu paste setelah kode <$BlogItemBody$> :

MainOrArchivePage><br/>

<a href="<$BlogItemPermalinkURL$>">Read more!</a>

</MainOrArchivePage>

Lagi-lagi Untuk mempercepat pencarian kode <$BlogItemBody$>, silahkan sobat klik menu Edit yang ada pada bar menu browser, kemudian klik Find (on this page)..., lalu tulis <$BlogItemBody$> trus klik tombol find next, maka secara otomatis akan di bawa ke kode tersebut.

1. Klik tombol yang bertuliskan SAVE SETTINGS


Langkah selanjutnya adalah klik menu Setting


2. Klik menu Formatting


3. Dibagian bawah menu tersebut ada kotak di samping tulisan Post Template, nah isi kotak kosong tersebut dengan kode di bawah ini :

<div class="fullpost">


</div> <


Sebenarnya langkah diatas tidak wajib dilakukan,akan tetapi ini di maksudkan agar ketika kita mau posting artikel, kode tersebut akan muncul secara otomatis tanpa harus di tulis dahulu, tentunya ini akan lebih mempermudah dan tidak harus selalu mengingat kode tersebut.


4. kemudian jangan lupa klik tombol Save Settings


5. Selesai


Cara Posting Artikel


Oke, sesudah beberapa tahap kita lalui, sekarang kita masuk ke tahap bagaimana cara memposting suatu artikel agar ada menu Readmore nya.

1. Klik menu Posting


2. klik menu Edit HTML, nah di sana secara otomatis akan tampak kode yang kita simpan tadi, yakni :

<div class="fullpost">


</div> <

simpan artikel sobat yang ingin di tampilkan sebelum kode

, kemudian simpan sisa keseluruhan artikel setelah kode
dan sebelum kode

Read More Classic Template Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Hasyim

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.

Followers

Categories

Agama (35) artikel (10) artist (11) Celebrity (82) Dunia (130) Indonesia (164) Kampus (16) Motivasi (49) News (106) semPATA News (222) teknik menulis (27) Tutorial Blog (26) Unik (44)