Selalu Konsentrasi Saat Puasa

semPATA News | Bulan Ramadhan ini memang menjadi bulan yang sangat unik bagi sebagian orang. Karena dibulan ini kita akan mengalami kegiatan yang berbeda dari hari biasanya. Daya konsentrasi kita juga kadang mengalami rasa lelah ketika harus full konsentrasi pada pekerjaan kita.

Namun apabila anda sulit berkonsentrasi maka anda harus memperhatikan waktu pada saat bepuasa. Pada saat ini biasanya muncul sebagai reaksi dari berkurangnya pasokan gula darah ke dalam otak. Karena, gula darah adalah bahan baku utama bagi otak dalam menjalankan fungsinya. Sumber terbesar gula darah adalah karbohidrat dan gula.

Untuk menyiasatinya, pilihlah karbohidrat kompleks untuk sajian sahur. Karbohidrat jenis ini lebih lama terurai menjadi gula darah (sehingga lebih tahan lama memasok gula darah di dalam tubuh) dan tidak membuat hormon insulin cepat meningkat (sehingga gula darah juga tidak cepat menurun).

Anda bisa menerapkan tiga strategi berikut ketika melaksanakan puasa:

- Saat sahur, ketimbang mengonsumsi gula pasir, madu, dan sirup (sumber karbohidrat mono), lebih baik pilih nasi, kentang, singkong, dan ubi (sumber karbohidrat kompleks).

- Majukan waktu tidur malam sedikit demi sedikit, misalnya lima belas menit setiap hari.

- Gunakan istirahat kantor untuk tidur. Usahakan tidur, setidaknya 15 menit hingga 30 menit. Agar siklus lengkap tidur Anda tercapai.

Semoga Tips ini bermanfaat untuk anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.