Capek Ngomong Global Warming

semPATA news | Bagaimana cuaca disekitar anda saat ini?. Cuaca yang tidak menentu membuat aktivitas kita terkadang terhambat dengan adanya hujan maupun panas yang berlebihan. Anda pasti mengenal istilah yang sudah tak asing lagi yakni tentang "Global warming". capek ngomong global warming dalam judul tulisan diatas bukan maksud saya untuk terus memberikan sosialisasi pada rekan-rekan tentang keindahan lingkungan kita dan sebagainya. Melainkan banyak tindakan yang sebenarnya bisa dilakukan dari pada hanya ngomong (just speak).

Jika Anda tahu ternyata ada beberapa hal “kecil” yang bisa anda lakukan untuk mencegah dampak yang lebih buruk dari global warming ini. Apakah anda akan melakukannya?. dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam rangka "Go Green" and "Stop Global Warming".

Sepeda

Mulailah membiasakan diri anda menggunakan sepeda daripada memakai mobil pribadi. Paling tidak mulailah sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungan anda pada kendaraan yang menghasilkan gas monoksida, yang notabene merupakan salah satu penyumbang terbesar terjadinya Global Warming. Ke sampingkan gengsi anda. Ada yang lebih penting daripada mengurusi gengsi sesaat. Dengan memakai sepeda atau malah berjalan kaki, paling tidak, hari ini anda tidak mengotori lingkungan dengan gas monoksida yang dikeluarkan dari mobil anda.

Matikan lampu

Sekiranya anda tidak memerlukan penerangan lebih, sebaiknya matikanlah lampu di rumah, di kamar atau di ruang kerja anda. Listrik yang anda pakai hari ini, sebagian besar masih diproduksi dengan mempergunakan bahan bakar batubara atau minyak, dan itu artinya menghasilkan asap/ gas yang bisa menambah resiko terjadinya Global Warming.

Kertas

Hal kecil tapi sering kita lupakan, pergunakan kertas seefisien mungkin. Kenapa? Kita ketahui kertas diproduksi dari bubur kayu. Setiap kertas yang diproduksi dan dipakai oleh kita, itu artinya kita telah mengorbankan sebuah pohon. Dan seperti kita ketahui bahwa pohon-pohon hijau adalah penyerap gas monoksida dan gas-gas beracun lainnya dan mendaur ulangnya menjadi gas oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas. Dengan semakin sedikitnya pohon-pohon (yang merupakan paru-paru dunia) maka akibatnya tak ada yang menyerap gas-gas beracun yang dikeluarkan oleh kendaraan, mobil, bus, pabrik-pabrik dan akibatnya…. Global Warming.

Katakan pada orang-orang

Hal yang sepele tapi lumayan penting, mulailah untuk memberitahu, menginformasikan hal-hal tersebut diatas kepada rekan-rekan, teman-teman, keluarga anda. Katakan pada mereka bahwa untuk mengurangi dampak dari global warming ini bisa kita lakukan dengan hal-hal kecil seperti diatas. Cukup sederhana, bukan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.