Hasil Asian Games Indonesia Memuaskan

Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia, Sabtu (27/11/2010) malam, ditutup dengan upacara meriah di Sungai Mutiara, sungai besar yang membelah kota Guangzhou, China. Asian Games 2010 ditutup dalam situasi keprihatinan akibat ancaman perang terbuka di Semenanjung Korea. Namun, Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad al-Fahad al-Sabah menegaskan, situasi tersebut tetap tidak mampu mencederai citra perdamaian yang dipancarkan oleh Asian Games 2010.

Bagi Indonesia hasil yang dicapai kontingen Indonesia yang berangkat ke Guangzhou sangat memuaskan. Indonesia mendapat empat emas dalam Asian Games 2010. Kontingen Indonesia juga meraih 9 perak dan 13 perunggu di China.

Tiga dari empat medali emas Indonesia diperoleh dari cabang dayung, yakni nomor perahu naga 1.000 meter putra, 500 meter putra, dan 250 meter putra. Satu emas lain diperoleh ganda putra bulu tangkis, Markis Kido/Hendra Setiawan.

Indonesia menempati posisi ke-15. Dua negara Asia Tenggara yang berada di atas Indonesia adalah Thailand dan Malaysia. Pada Asian Games 2006, Indonesia menempati posisi ke-22 dan ada lima negara Asia Tenggara yang menempati posisi lebih baik ketimbang Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi A Mallarangeng dan Ketua Umum KONI Rita Subowo berulang kali menyatakan Asian Games 2010 bukan target utama Indonesia. Target utama justru di SEA Games pada tahun depan. Dalam SEA Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang itu, Indonesia menargetkan diri menjadi juara umum.

Comments