Bahaya SMS Terhadap Perkembangan Otak

Short Massage Service yang diberikan pihak operator apakah berfungsi untuk menghentikan perkembangan otak kita?. Sebuah studi oleh Case Western Reserve School of Medicine di Cleveland, Ohio, AS menemukan efek buruk bagi remaja yang telah mengirim lebih dari 120 SMS sehari. Para remaja itu cenderung akan merokok, minuman keras dan melakukan hubungan seks bebas
Dewasa ini remaja makin ketagihan SMS hingga betah berjam-jam menyendiri. Terlepas dari apapun materi Short Message Service (SMS), aktivitas tersebut menimbulkan banyak dampak buruk.Selain itu, remaja kebanyakan SMS juga akan menderita stress, kurang tidur dan terganggu konsentrasi belajarnya. Belum lagi persendian tulang di pergelangan tangan juga terancam cidera. Ini merupakan temuan terbaru terkait perkembangan maraknya para remaja keranjingan SMS di seluruh dunia.

Penelitian yang melibatkan 4.000 remaja di Amerika Serikat ini juga terungkap, terlalu banyak SMSan menurunkan kemampun IQ. Hal ini diketahui setelah diadakan tes IQ kepada remaja yang berSMS ria dibanding dengan yang tidak ketagihan, diketahui remaja yang banyak SMS hasil tes IQ menurun.Dr Richard Graham juga mengakui, saat ini remaja lebih mahir menggunakan teknologi hingga orang dewasa dan orangtuanya kesulitan mengikutinya. Remaja yang terlalu banyak SMSan dan menggunakan jaringan internet berlebihan justru membuat lambat dalam memberikan respon, lalai dalam membaca SMS penting, terutama yang tidak menyenangkan.

Dalam kaitan ini, di beberapa negara sudah mengurangi layanan SMS gratis demi menekan risiko yang akan ditimbulkan bila para remaja terlalu banyak SMSan.

Dr Graham menyarankan, agar membatasi penggunaan ponsel untuk SMS pada waktu tertentu dan di tempat tertentu agar dampak buruk bisa dihindarkan. Dan lebih utama, para remaja dianjurkan untuk melepas headset saat akan tidur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

comments
8:39 PM delete

aq kira sms bikin sehat jempol...hehe

Reply
avatar
8:39 PM delete

sip,,,keren,,,mksih bang ats infonya....

Reply
avatar
8:41 PM delete

Oh begitu, Terimakasih sharenya
Sukses selalu

Reply
avatar
8:44 PM delete

Terima Kasih rekan-rekan atas komentarnya...
Walaupun lucu-aneh-dan menghibur tapi tetep bikin saya semangat tuk buat artikel lebih bermutu lagi.

Jadi Komentator untuk blog saya yah :P
Ada Ratting nya lho.. :)

Reply
avatar
9:14 PM delete

kalo menurut gue sih, tergantung ke orangnya itu sendiri,bagaimana dia menggunakan alat tersebut secara efektif dan efisien (kaga pegel apah, jempolnya? --a)
kan allah tidak menyukai yang berlebihan :) *emng nyambung yah? lol
terlalu sering pake hape juga kan ga bae, radiasi yang dihasilkan bisa bikin bego *katanya*
so, jika teknologi digunakan dengan baik dan benar, pasti aman-aman aja kok :)
*curcol

Reply
avatar
9:53 PM delete

kalau saya sih jarang sms an sob.. tapi kalau chatting sering banget !!
kalau chatting bisa berpengaruh juga gak sob ??

Reply
avatar

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.