Keunikan Lorong Bawah Tanah Di London

Keunikan lorong bawah tanah di Inggris ini adalah letaknya yang berada di kawasan utara Inggris ternyata menjadi sebuah fenomena yang disebut langka, karena lorong ini mampu menghubungkan tiga kawasan wilayah di London, diantaranya Lancashire, Yorkshire dan Cumbria. Ini dilakukan oleh seorang peneliti Inggris dengan melakukan penggalian sedalam 300 kaki di bawah permukaan tanah. Di kawasan Boxhead Pot hingga Leck Feel, Tim Allen dan petualang lainnya berhasil menemukan setidaknya 30 pintu masuk dan jalur 70 mil di bagian bawah wilayah utara Inggris.


Untuk pertama kali sejak penemuan gua di bawah Boxhead Pot pada 1985, peneliti Inggris berhasil memanfaatkan teknik modern untuk menggali lebih jauh lorong bawah tanah di London. Mereka juga berhasil memanfaatkan jalur air alamiah di bawah tanah untuk menyingkirkan lumpur. Penghalang itu dipercaya menyembunyikan jalur antara Boxhead dan Notts Pto.

Tim bekerja dengan 10 bar tekanan atmosfer. Ini berarti mereka menyalurkan air sungai dengan cara sederhana, menekan air tersebut untuk mengumpulkan lumpur kemudian menyingkirkan materi penghalang itu.

“Air berhasil membentuk gua-gua itu dan sekarang, kami memanfaatkan air untuk menggali bagian lorong,” ujar insinyur Geoff Yeadon, 60 tahun, Cumbria, Inggris.

Bagi para pengamat gua, penemuan lorong bawah tanah di London ini sangat menarik karena menampilkan labirin baru yang belum pernah disadari sebelumnya.

Comments