Tips Membuat Tulisan Yang Disukai Pembaca

Dengan tampilan blog yang baru ini, semoga lebih dinikmati oleh pembaca beberapa postingan saya dari mulai saat ini dan kedepan nantinya. Kehidupan penulis di blog memang dibilang tidak sehebat jurnalis yang tiap hari membuat berita menarik dan dibaca oleh ribuan bahkan jutaan orang, namun bagaimana jika anda seorang newbie di Blogger, namun ingin memiliki pembaca sebanyak itu. Sebenarnya anda harus mengetahui tentang tips membuat tulisan yang disukai pembaca.

Menulis merupakan seni untuk mempengaruhi orang lain. Agar mereka tertarik untuk membacanya. Agar bersedia meluangkan waktu untuk mengetahui ide dan pendapat yang kita miliki. Beberapa hal dapat kita lakukan sebagai upaya agar tulisan kita menarik bagi pembaca. Tentu dimulai dengan hal-hal kecil dan terkesan sepele, tetapi merupakan bagian penting dan tak terpisahkan sebagai cara membuat pembaca merasa tertarik dengan tulisan Anda.

Gunakan kalimat pendek
Saya sering merasa kesulitan jika harus membaca kalimat yang sangat panjang. Memang Anda boleh saja menambahkan beberapa tanda koma sekaligus dalam satu kalimat, tetapi hal itu akan membuat kalimat Anda menjadi sangat panjang.
Kalimat pendek dapat Anda hasilkan dengan hanya memberikan satu point saja setiap kalimat. Jangan merangkaikan banyak point ke dalam satu kalimat yang sambung menyambung. Belum lagi jika Anda jarang melakukan pemenggalan tulisan menjadi beberapa paragraf yang lebih singkat.
Tulisan yang terlalu panjang kalimat dan paragrafnya, membuat orang lain kesulitan membaca. Dan lagi membuat mata lebih cepat lelah. Buat pembaca Anda nyaman membaca tulisan Anda dengan menuliskannya dalam kalimat-kalimat pendek dan paragraf-paragraf pendek.

Bahasa sehari-hari lebih mudah dimengerti
Saya lebih memilih untuk menggunakan frasa ‘bahasa sehari-hari’ dari pada memakai ejaan yang terlalu kaku. Bahasa sehari-hari bukan berarti harus memakai lo gue seperti yang biasa saya lakukan terhadap seorang teman. Pilihan saya memang menggunakan saya dan Anda agar lebih sopan.

Yang pasti, Anda harus menggunakan bahasa yang akan dimengerti oleh calon pembaca Anda. Beberapa kalimat saya memang masih menggunakan bahasa daerah, dimana sebenarnya seharusnya dihindari, karena tidak semua orang tahu dengan artinya.

Untuk apa orang membaca tulisan Anda, jika mereka tidak mengerti dengan apa yang Anda maksudkan? Hal ini juga berarti sebisa mungkin Anda harus menghindari kata-kata dan istilah yang dimengerti oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tertentu saja. Jika terpaksa, jelaskan artinya dibawah postingan semua istilah-istilah khusus di dalam tulisan Anda.

Pembaca yang kebingungan dengan makna tulisan Anda, sangat berpotensi untuk tidak kembali lagi [selamanya] ke blog Anda.

Comments