Jejak Lukisan Tertua Dari Zaman Es

Arkeolog mungkin sebutan yang selama ini menjadi lebih hangat di telinga kita saat mereka menghadirkan beberapa temuannya dari zaman-zaman terdahulu yang membuat orang kagum berkat kerja keras mereka. Saat seorang profesor sibuk untuk membuat penemuan baru, mungkin para arkeolog ini sibuk menghitung waktu mundur dalam tatanan tahun yang tidak jelas artinya. Namun, dari situlah jejak lukisan tertua dari zaman es bisa ditemukan.

Ukiran pada fosil tulang mamalia besar yang ditemukan di Vero Beach, Florida, Amerika Serikat, diperkirakan sebagai sampel tertua dari karya seni yang pernah ditemukan. Para peneliti dari Smithsonian Institution dan University of Florida memastikan temuan tersebut setelah melalui proses panjang yang melibatkan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu.

Ukiran bergambar mastodon itu memiliki panjang tiga inci dari ujung kepala hingga ujung ekor serta tinggi 1,75 inci dari ujung kepala hingga telapak kaki kanan depan. Para peneliti memeriksa komposisi dasar tulang yang diukir itu dan membandingkannya dengan tulang lain dari Old Vero Site, lokasi penemuan tulang manusia yang berdekatan dengan tulang hewan purba Zaman Es yang sudah punah.
Mereka menggunakan mikroskop optik dan elektron yang menunjukkan tidak ada perbedaan warna pada alur ukiran dengan bagian lainnya. Itu menunjukkan bahwa ukiran tersebut bukanlah hasil rekayasa dan asli berasal dari 13 ribu tahun atau lebih. Penemuan tulang oleh pemburu fosil James Kennedy awalnya sempat diragukan keasliannya.

Spesimen langka ini pun diakui sebagai bukti bahwa manusia yang tinggal di Amerika pada Zaman Es telah menciptakan karya seni berupa gambar hewan yang mereka buru. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Archaeological Science ini sekaligus memperkuat temuan dan argumentasi ahli geologi Elias Howard Sellards di Old Vero Site pada awal abad 20.

Semakin banyak penemuan pada zaman ini tentang kehidupan zaman terdahulu seolah mengungkap bahwa Tuhan memang menciptakan semua makhluknya sebagai bentuk pelajaran bagi yang lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya sahabat :)

Comments