Teknologi Aeromodeling di Indonesia Mulai Berkembang

Teknologi Aeromodeling di Indonesia mulai berkembang berkat adanya kemauan dan dukungan dari pemerintah. Beberapa hari lalu memang dunia otomotif dikagetkan dengan kemunculan mobil Esemka yang sudah siap untuk test drive dan siap mendapatkan izin operasi dijalanan. Namun lain halnya dengan Aeromodling di Indonesia yang dibuat anak SMK di Jakarta dan Bandung ini.

Dua buah model Aeromodeling atau bisa disebut sebagai pesawat kecil yang memiliki kapasitas untuk 2-4 orang didalam pesawat tersebut kini telah menjadi perhatian serius pemerintah daerah masing-masing.
Jika kita flashback ke belakang mungkin lebih dulu pesawat yang dibuat SMK 29 Jakarta yang diberi nama Jabiru: J200. Model pesawat aeromodeling ini dipamerkan di Arena Pekan Raya Jakarta beberapa waktu lalu. Nama Jabiru diambil dari nama burung di Australia, kata salah seorang siswa yang merakit pesawat tersebut.

Selain pesawat tersebut, ternyata para siswa tersebut juga sudah membuat dan merakit lima pesawat terbang lainnya dengan empat tempat duduk dan saat ini disimpan di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang.

Dan satu lagi aeromodeling yang ada di Kota Bandung dirakit oleh siswa SMKN 12 Bandung yang juga memiliki kemiripan dari segi nama. Pesawat buatan siswa SMK ini diberi nama Jabiru 430, sanggup terbang selama empat jam tanpa henti. Misinya bisa sebagai pesawat latih, untuk praktik perawatan bagi siswa, hingga menyiram lahan pertanian.

Pesawat yang dibuat SMKN 12 Bandung ini sedang dalam masa pengurusan izin terbang dari Dinas terkait. Sebenarny sudah ada izin terbang dari Dinas Perhubungan, namun karena SKN 12 ini merupakan lembaga pendidikan maka izin terbang tersebut tidak bisa disahkan.

Hal lain yang telah dilakukan ialah meminta bantuan dari FASI (Federasi Aeromodeling Seluruh Indonesia) untuk segera membuatkan izin terbang untuk Jabiru 430.

Teknologi aeromodeling di Indonesia memang saat ini sudah mulai bisa dibanggakan walau baru sebatas level nasional. Semoga hal ini bisa membangkitkan semangat rekan-rekan siswa SMK yang lain dalam memberdayakan teknologi.
(Syim Elhabsyi)

Teknologi Aeromodeling di Indonesia Mulai Berkembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Hasyim

1 komentar:

  1. Its really very interesting post full of valuable informations. The key part of this post is its descriptive way to define anything. I liked it with my heart.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.

Followers

Categories

Agama (35) artikel (10) artist (11) Celebrity (82) Dunia (130) Indonesia (164) Kampus (16) Motivasi (49) News (106) semPATA News (222) teknik menulis (27) Tutorial Blog (26) Unik (44)