Contoh Tulisan Teks Pidato "Bahaya Televisi Bagi Pelajar"

contoh pidato bahaya televisi bagi pelajar
Bahaya televisi bagi pelajar Indonesia
Selamat malam semua, semoga hari-hari sekolah selalu menyenangkan dan dihari libur lebih menyenangkan karena banyaknya aktivitas yang membuat kita lebih hidup. Sore tadi, adik saya menghampiri saya sewaktu pulang kerja. Dia bercerita tentang sebuah teknik pidato yang diajarkan gurunya di sekolah.

Berlanjut dari ceritanya tersebut, dia pun tertantang untuk mencoba membuat sebuah naskah pidato yang baik dan mudah untuk dimengerti pembaca. Langsung saja saya menyuruhnya mengambil notebook dan mencoba mencari reverensi dari internet dan panduan pidato bahasa indonesia hingga akhirnya dia menentukan judul tulisan pidatonya tersebut berhubungan dengan televisi dan bahayanya bagi pelajar.

Judul pada postingan ini saya rubah sedikit agar bermain pula untuk keyword blog, semoga yang punya tulisan tidak marah.
Berikut tulisan teks pidato tadi sore yang sudah dibuat oleh adik saya.

Assalamu'alaikum wr. wb
      Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang mahakuasa karena berkat rahmatnya kita dapat berkumpul disini. Teman-temanku semuanya pada kali ini saya akan membahas tentang bahaya menonton televisi terlalu lama bagi pelajar. Perlu anda ketahui semuanya menurut riset yang dilakukan oleh Columbia University of Pshysician and Surgeons di New York, Amerika Serikat menonto televisi dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan otak terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat itu akan menyebabkan pelajar menjadi lebih cepat bosan terhadap kegiatan seperti membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi karena acara-acara di televisi kebanyakan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual. Hal inilah yang mengakibatkan pelajar yang terlalu banyak menonton televisi memiliki masalah seperti malas belajar dan susah dalam berkonsentrasi ketika belajar. Dampak jangka panjangnya cukukp mengkhawatirkan seperti yang dilansir oelh situs Guardian.co.ud pelajar yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada saat kegiatan belajar karena terlalu sering menonton televisi cenderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Sebagai bukti nyatanya pelajar jaman dulu jauh lebih pintar dan pandai bila dibandingkan dengan pelajar jaman sekarang tentunya ini karena pelajar jaman dulu belum mengenal televisi, keberadaan televisi di rumahpun masih jarang. Berbeda dengan sekarang hampir setiap rumah mempunyai televisi dan bahkan lebih dari 1 televisi.
      Sebagai seorang pelajar yang baik kita tidak perlu berhenti menonton televisi, cukup dengan mengurangi waktu untuk menonton televisi saja. Kita juga harus memilih acara tv mana saja yang baik ditonton, bermanfaat, dan sesuai dengan usia kita.
      Kesimpulannya kita sebagai pelajar yang ingin pintar boleh saja menonton televisi asal dalam jangka waktu yang wajar dan menonton acara yang bermanfaat bagi kita.
      Sebelum mengakhiri pidato ini saya ingin meminta maaf bila ada salah kata dari saya dan semoga bermanfaat.
     Wassalamu'alaikum wr. wb.
Contoh tulisan teks pidato "Bahaya Televisi Bagi Pelajar" ini memang terbilang sangat pendek, namun untuk adik saya yang pemula dalam menulis pidato tentu saya anggap sudah cukup baik.

Semoga tulisan ini juga bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang membuat pidato untuk di sekolah ataupun acara lainnya.

Ini dulu yah tulisan dari saya malam ini, selamat berlibur di hari sabtu dan minggu :)

Comments