Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur? Ini Jawabannya

Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur? Ini Jawabannya | Membahas mengenai berbagai jadwal trip yang sering saya lakukan ke berbagai tempat di waktu weekend membuat saya berfikir mengapa rata-rata jadwal liburan saya adalah hari minggu?.

Sedikit browsing di internet akhirnya menemukan sedikit titik terang sebagai bahan pengetahuan, bahwa ternyata setiap negara memiliki waktu libur tertentu dan men-sakralkan hari libur tersebut. Contohnya di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hari Jumat dipilih sebagai hari libur.

Alasannya, hari Jumat dianggap sebagai hari baik bagi umat muslim untuk beribadah. Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat, masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total.

Berbeda lagi dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur lantaran hari Sabtu merupakan hari ibadah bagi mereka.
Kebanyakan dari kita di Indonesia akan bertanya Mengapa hari Minggu jadi hari libur? Ini jawabannya. menurut sejarah hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga mayoritas negara di dunia. Sejarahnya berawal pada masa Romawi.

Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya, Belanda.

Belanda kemudian menjajah dan menguasai Indonesia. Sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

Semoga dengan tulisan pendek ini bisa menjawab kegelisahan beberapa orang yang travelling hanya bisa di waktu Sabtu dan Minggu seperti saya. Jadi masih nanya Mengapa hari Minggu Jadi hari Libur?

Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur? Ini Jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Hasyim

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.

Followers

Categories

Agama (35) artikel (10) artist (11) Celebrity (82) Dunia (130) Indonesia (164) Kampus (16) Motivasi (49) News (106) semPATA News (222) teknik menulis (27) Tutorial Blog (26) Unik (44)