Komputasi Awan Adalah Istilah Baru Internet

Perangkat yang bekerja untuk kita dalam mendapatkan informasi dari segala bidang disiplin ilmu memang tidak lain adalah Internet. Kata yang saat ini sangat populer dan masih banyak dicari oleh setiap pengguna. Namun, ada istilah lain yang jarang kita dengar tetapi ini menjadi sebuah padanan kata dengan internet. Sebut saja ia Komputasi Awan.

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan.

Komputasi awan ini sebenarnya juga bukanlah "barang baru", hanya mungkin karena lebih spesifik diarahkan ke jaringan internet dan karena berkembangnya konsep web services maka teknologi ini perlu memiliki suatu istilah yang segar dan tidak terjebak menjadi kata yang klise. Selain juga karena internet sering digambarkan sebagai awan di dalam diagram-diagram teknis jaringan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
Anonymous
4:58 PM delete

mantapz gan........... nice info
ready for absolutely develop your self esteem.....

Reply
avatar

Tinggalkan Komentar Beserta URL Anda. Saya sarankan Tidak menggunakan Anonymous.